Blue Screen and Repair Windows Xp

Windows xp system operasi yang familier dangan banyak kalangan dan memiliki kemudahan untuk dijalankan dan menjalankan aplikasi tertentu. Pemakai juga sering dihadapkan dengan banyak kendala dengan sistem operasi ini diantaranya adalah blue screen of death atau disingkat dengan BSOD. BSOD terjadi karena banyak hal mungkin salah satu contohnya adalah karena driver yang tidak sesuai, hardware yang sudah rusak ataupun terpasang tidak pas dan masih banyak lagi tapi saya tidak akan menjelaskan penyebabnya. Disini saya akan menulis tentang pesan dari BSOD dan cara mengatasainya.
Ok langsung saja beberapa error messege yang sering kita temui :
>Windows could not start because the following file is missing or corrupt:
\WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM

>Windows NT could not start because the below file is missing or corrupt:
X:\WINNT\System32\Ntoskrnl.exe

>Windows NT could not start because the below file is missing or corrupt:
X:\WINNT\System32\HAL.dll

>NTLDR is Missing
Press any key to restart

>Invalid boot.ini
Press any key to restart

Itulah sebagian pesan errornya untuk mengatasainya dengan cara repair dengan cd windows xp bootable:
1. Boot CDROM jadikan firstboot
2. Masukkan CD Installer XP
3. Tekan R kalau muncul ini

4. Tekan 1 (atau angka yg menunjukkan installan XP kalau ada lebih dari 1 OS) dan masukkan password admin

5. Ketik perintah dibawah ini.
> C: CD ..
> C: ATTRIB –H C:boot.ini
> C: ATTRIB –S C:boot.ini
> C: ATTRIB –R C:boot.ini
> C: del boot.ini
> C: BOOTCFG /Rebuild

6. Kemudian lakukan seperti gambar di bawah

7. Setelah selesai Rebuild ketik
C: CHKDSK /R /F kemudian
C: FIXBOOT
Muncul “Sure you want to write a new bootsector to the partition C: ?” tekan “Y”
C: EXIT
Tekan Enter

Sumber : Arif Eko

36 Balasan ke Blue Screen and Repair Windows Xp

  1. butik online mengatakan:

    kebetulan saya juga punya masalah yang sama nih, cuman abis baca kok masih bingung ya?? ntar ah baca lagi pelan2 sambil di praktekin. thanks ya Nice article

  2. arhyen mengatakan:

    kemren kompie w juga kena blue skrin…
    tapi ga w repair malah w instal ulang.
    masalahnya pas copy>>>instal>>>boot dari hardisk>>>finishnya error
    tusisannya fatal erro gitu…
    trus w coba instal lagi saat copy di driver cab kompienya error ga mao jalan.
    kira2 masalahnya di mana ya???
    apa mungkin cd xpnya korup???
    coz di tulisan fatal error memberi tahukan bahwa pemutar cd w error

  3. arhyen mengatakan:

    bales ke sini ya….
    coz yg tadi saya lupa masukin alamat emailnya.

  4. lia mengatakan:

    Tanya dunk… awalnya laptop gw bermasalah n ada tulisan NTFS problem trus lama mati mati sndiri. nah pas diinstal ulang ma tmen masih bermasalah karena pas instal ulang ga langsung dimatiin jadi ada tulisan kernel problem ato apalah n selain itu juga ada yg lupa ke instal. jadi dech diinstal ulang lagi tapi ko setelah instal ulang yg ke 2, dvd nya suka ga ke baca trus kalo laptop dalam keadaan nyala tapi ga dipake” alias didiemin.. suka mati sendiri trus kalo di full scan pasti mati pas scan di C… kira” masalah laptop gw kenapa yach?? coz pernah ke service centernya katanya cuma harus diinstall ulang aja.. oia gw pake vista. thanks yach

  5. yusri mengatakan:

    mba lia,..kalo NTFS berarti masalahnya di windows,..tapi kalo laptop mba lia masalahnya setelah instal ulang dvd nya suka ga ke baca n laptop sering mati sndiri, solusinya.

    1. coba instalkan windows xp sp2
    karena mungkin saja sistem windows vista yg diinstal kurang merespon dengan baik.

    2. kalo setelah instal windows xp sp2 laptop anda masih kambuh penyakitnya, anda perlu service hardwarenya/ untuk dvd nya..soketnya perlu dibersihkan, RAM / memorinya perlu disikat aja pake penghapus stadler, yang dibersihkan itu kaki2 dari memori yaa..

    3. sering2 di tuneup aja sistem windowsnya gunakan software tuneup utilities 2009

    apabila ada masalah lagi,..boleh dikonsultasi lagi kembali diforum ini.

  6. yusri mengatakan:

    buat mas arhyen: bener banget mas,..masalahnya itu pada cd windows anda, cd nya itu corupt mas, perlu di burning lagi yg baru, biasanya cd windows kalo error, kualitas cd juga yg diliat,..kalo masnya burning windows pake cd yg labih bagus,komponen instal windows yg ada di cd jarang bisa rusak. dicoba aja lagi ya mas..

    ditunggu konsultasi berikutnya..

  7. arhyen mengatakan:

    mas kompie kantor saya kena korup nieh…..
    klo saya repair dengan cara seperti diatas apakah data saya akan hilang???
    coz saya pengen nyelametin data saya coz itu data udah ada sejak perusahaan saya dibangun.
    padahal hardisk saya masih baru aja di ganti. baru 1tahun 5bulan sie…
    tapi ko bisa corup ya???
    apa aja sih yang bisa membuat kompie qt jadi korup???
    klo cara repair di atas ga bisa nyelametin data….
    ada ga cara lain untuk nyelametin data yang udah corup???
    coz saya dah coba dengan cara slave tapi ga bisa karna colokan kabel hardisk saya berbeda dengan hardisk yang lain.
    blh minta alamat email mas ga???
    supaya saya bisa berkonsultasi lebih mudah…
    nieh alamt email saya rien_nha_cha@yahoo.co.id
    klo bisa sih minta no hp…
    he……

  8. firman mengatakan:

    mas,..liat aja no tlp aq di facebook aja..facebook aq, Firmansyah Cupes..hehehe

  9. wahyu am mengatakan:

    ini nih yang aku cari

    thanks gan😉

    ==========================================

    Blog Jelek sumpah, jangan diklik!

  10. zacky mengatakan:

    Mas,,,
    Tnya donkz….

    Waktu itu kan aq hbis uninstall vista inspirat 2,,
    Truz aq reboot deh…

    Eh,
    Tau2 kluar blue screen gtu,,, katanya sih winsrv nya not found….

    Itu gmna cara repairnya????

    Help me y!

    blacklizt_03@yahoo.com
    +6285739469217

    Help me pleassseeee……

  11. aku curhat mengatakan:

    om………yolongin gw donkzzz!!!
    knpa ya laptop kadang kadang suka blue screen
    asalnya laptop ku pake window vista
    setelah pake windows xp suka ada blu screen
    apa laptop ku gx support ke win xp ap drivernya
    tolong ya masssssssss

  12. aku curhat mengatakan:

    om………tolongin gw donkzzz!!!
    knpa ya laptop kadang kadang suka blue screen
    asalnya laptop ku pake window vista
    setelah pake windows xp suka ada blu screen
    apa laptop ku gx support ke win xp ap drivernya
    tolong ya masssssssss

  13. edyhenry mengatakan:

    Malam bro fiirman

    to point ane beli tambahan memory ddr 256 pc 3200 dan up grade ke dvd ram merek lg… pas saya up grade semua pc jadi blue screen tulisan page in kernel….kedua saya pake internet provider FMedia… rupanya ade .. saya tidak sengaja di up date windows nya….jadi ada tulisan WGA…. >>>> awalnya os windows Xp2 upgrade …. install lagi ke sp3 … jadi blue screen lagi…. tapi pas balik install sudah finish windows adan ada program office, dlll pas up dial internet hang dan muncul page in kernel……blue screen bro… cara pas untuk instal balik lagi gimanaya …. bro….

  14. Ruang Keluarga mengatakan:

    kalo lupa password administratornya gimana?

    aku dah coba 9 kali gagal terus, restart tiap 3 kali salah 😦

  15. toyib mengatakan:

    ohy mau nanya nih knp sih klo hbs installing windows xp pada komputer selalu blue screen yah klo pake windows 98 bisa ga blue screen klo formatnya udah NTFS dan FAT 32 sama aja, padahal udah ganti memory, vga card, hardisk sama aja tetap blue screen udah lama nih komputernya ga bisa d pake, gmn caranya biar ga blue screen lg ? tolong yah di bls ke emailku toyiban@gmail.com

  16. indraokta mengatakan:

    Laptop toshiba saya DVD ke detect tapi gak bisa mbaca CD/DVD apapun…. setingan booting optical drive di 1st boot.

    soalnya DVD regionnya tahu2 berubah ke region 1

    gimana yah betulinnya.

    soalnya moinstal uang gak isa….???

  17. ardy mengatakan:

    selamat siang,mau tanya, kl laptop suka mati sendri pas di klik start atau aplikasi lainnya itu knp ya? sya pakainya windows vista bukan XP, tolong ya bgi yg tau solusinya

  18. poernama mengatakan:

    mas2 d atas….
    aku mw tanya… klo aku ngerepair XP…
    data sama software2 nya ikut ilang gak??
    coz data nya penting…
    trus software nya aku ga pnya lagi…

    klo bisa blas k email aku ya

    poernama103@yahoo.com

  19. aliem mengatakan:

    OM ku juga punya masalah sam laptop jadulku,,,
    Toshiba Sattelite J110.
    Tadinya ga ada masalh sama sekali tapi pas 3 hari ga di pake kok tiba tiba eror,,
    keterangan erornya
    ERROR LOADING OPERATION SYSTEM… aku dah coba buat install ulang lewat bluescreen tapi ga mau booting ke CDroomnya… padahal Bootnya dah di set ke CD room… gmn dong Om. mohon banget bantuanya,,, kalo udah baca posytingan aku tlng sms ke no aku om,,, maksih sebelumnya 085693003113

  20. Edy IT-STAFF mengatakan:

    Mao konsultasi seputar kerusakan komp,
    bisa krim email k saya..
    d_xrash@yahoo.com

    buat mas firman, numpang post y..

    Buat tmn’ yg diatas smua,

  21. bima mengatakan:

    to the point…sy br beli notebook avio…
    setiap booting mau mau msk windows selalu di dahului blue screen minmal 4 – 5 restart baru mau masuk windowsnya…knp ya mohon pencerahannya…perlu diket mulai instal ulang OS..hapus partisi ampek clear Cmos sdh dilakukan tp hsl ttap….aku tunggu solusinya…trims…

  22. ivhan mengatakan:

    mas mau nanya neh kompie aku rusak trus aku install ulang tapi waktu copy files kok malah blue screen ya?? tolong mas please….mohon solusinya…sangad..

  23. kipanjikusmin mengatakan:

    dicoba dulu dan mohon ijin copas pak… terimakasih…

  24. Denny Susilo mengatakan:

    komputer saya juga jg terserang hantu “BLUE SCREEN OF DEATH” mas.. sdh INUL total (instal ulang total drive C dan D) 5x ,, periksa hardware sprti membersihkan kaki RAM malah tdk dg penghapus lagi tp dg tisu yg sy basahi dg bensin, trus semua soket2 yg ada di motherboard jg sdh sy bersihkan dg semprot kompresor pinjem tkg tambal ban dkt rumah, power suplly baru, prosesor sdh sy kasih pasta termal, pokoknya chek up FULL.. tp knp masih BLUE SCREEN jg…. gmn mas solusinya???? please help me

  25. Game Compressed mengatakan:

    Laptopq slalu blue screen skg

  26. suakcot mengatakan:

    5. Ketik perintah dibawah ini.
    > C: CD ..
    > C: ATTRIB –H C:boot.ini
    > C: ATTRIB –S C:boot.ini
    > C: ATTRIB –R C:boot.ini
    > C: del boot.ini
    > C: BOOTCFG /Rebuild

    C:CD nya gak ada bgmn ini

  27. abdul munip mengatakan:

    artikel kayak begini niiiiiiiii…yg saya butuhkan..maksih mas ya,,,,

  28. rnd mengatakan:

    gan aye mau minta pencerahan ma solusi na
    kompi kluar blue screen – “bad_pool_caller” setiap kali start windows trus reboot (jadi ga bisa masuk ke windows)
    aye ud coba ke safe mode,error tetap sama
    aye ud ganti memory error tetap sama
    mohon bantuannya terima kasih

  29. Muhammad Fawaaid mengatakan:

    Terimakasih Post Anda Membantu Jangan Lupa Ya Kunjungi Blog Saya Juga ^^ Arigatou..
    http://aikawafaith.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

