Deep Freeze pada Linux

Deep freeze yang bisa lazim digunakan dengan sistem operasi windows yang berfungsi untuk mengembalikan system ke settingan awal setelah direstart, dan banyak digunakan warnet agar terhidar dari virus dan terinstalnya aplikasi yang tidak diinginkan. Lalu bagaimanakah klo disistem operasi yang berbasis linux hehehehhehe. mari kita ikuti langkah langkah sebagai berikut :

Langkah pertama adalah melakukan konfigurai usernya, jika semua udah OK maka home direktori user tersebut di backup.

1. /bin/cp -r /home/sita /home/ista1 (kalo mo di tar.gz juga lebih baik)

Next merubah kepemilikan direktori backup user, supaya tidak bisa tidak bisa diedit uer ybs

2. /bin/chown -R root.root /home/ista1

Langkah 1,2 cukup dilakukan sekali oleh root, Selanjutnya perintah-perintah berikut dimasukan dalam file /etc/rc.d/rc.local (disesuaikan dengan distronya)

Pertama kali di script ini adalah menghapus direktori user

3. /bin/rm -r /home/ista

Trus, dikembalikan lagi user dir nya, dan dikembalikan kepemilikannya

4. /bin/cp /home/ista1 /home/ista
5. /bin/chown -R ista.users /home/ista

Yup jika perintah mengganti password telah disable maka 2 baris itu cukup untuk melakukan deepfreeze. Namun jika passwd masih diijinkan diganti oleh user maka diperlukan perintah untuk mengembalikan nilai password yang benar.

Sebelumnya jika passwd tidak di disable maka perlu dibackup nilai password user tersebut, secara m anual dapat dikopi dari file /etc/shadow atau kalo menggunakan perintah dapat dilakukan,

6. /bin/cat /etc/shadow | grep namauser > filebackupshadow

Perintah di atas akan menuliskan 1 baris format user di file shadow yang akan di backup, contoh isinya adalah sbb,

cat /etc/shadow | grep naufal
naufal:$1$nZkwFqYK$RjQ1HHw6qlBH7xJaz5Amp1:13735:0:99999:7:::

Perintah di atas dilakukan sekali seperti pada saat menmbackup direktori user.

Next … Nilai tersimpan di atas akan dikembalikan saat komputer direstart, maka di file rc.local ditambahkan beberapa baris berikut,

7. LINE=’/bin/grep -n ^namauser /etc/shadow|cut -d: -f1′ (mencari tahu baris ke berapa user tersebut)
8. /bin/sed -e “${LINE}d” /etc/shadow > /tmp/shadow.bak (membaca dan menulis kembali file shadow tanpa user yang diinginkan)
9. /bin/echo filebackupshadow >> /tmp/shadow.bak (Menambahkan password backup ke file shadow )
10. /bin/cat /tmp/shadow.bak /etc/shadow (Timpa file shadow yang lama)

2 Balasan ke Deep Freeze pada Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: